HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 18.207.254.88
Pengunjung : 8.114.493


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

YAYASAN TARAKANITA

SMA STELLA DUCE 1 YOGYAKARTA

Terakreditasi : A

Jalan Sabirin no. 1 Kotabaru Yogyakarta 55224 telp/fax : 0274-513478

website : http://sma-stece.tarakanita.or.id , email:smastece@gmail.com

____________________________________________________________________________

 

Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah

 

A. Visi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta:

Berkepribadian utuh, berbelarasa, cerdas, dan berwawasan global.

 

B. Misi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta:

 

  1. Menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang hakiki, khususnya perempuan yang beriman, jujur, adil, disiplin, berbelarasa, santun, dan tangguh.
  2. Melaksanakan proses pendidikan yang kontekstual,  kreatif, mandiri, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab berasaskan iman Katolik.
  3. Membangun keunggulan akademik berbasis teknologi.
  4. Menanamkan wawasan kebangsaan.
  5. Menanamkan wawasan global.

 

C. Tujuan Sekolah:

 

Mendidik putri-putri remaja lulusan SMP menjadi:

 

  1. manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang hakiki, khususnya perempuan yang beriman, jujur, adil, disiplin, berbelarasa, santun, dan tangguh;
  2. pembelajar yang kreatif, mandiri, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab berasaskan iman Katolik;
  3. manusia unggul di bidang akademik dan menguasai teknologi;
  4. manusia yang berwawasan kebangsaan, menghargai dan menghormati keberagaman dalam masyarakat;
  5. manusia yang berwawasan global.

 

                                                         

 

                                                                                                           Yogyakarta, 2 Agustus 2013



PENDIDIKAN KARAKTER TARAKANITA
 

 Compassion (C)

a.       Mewujudkan kepedulian dan solidaritas dengan mereka yang  lemah, baik jasmani dan rohani seperti teladan Bunda Elisabeth

b.      Membuat kebijakan yang mendukung keberpihakan kepada yang miskin, lemah dan tersisih

c.       Mencintai dengan tulus melampaui batas-batas suku, agama, ras, budaya, status sosial tanpa diskriminasi

d.      Turut serta merasakan penderitaan orang lain dengan sikap empati dan keramahan

e.      Melayani demi “keselamatan” anak-anak yang dilayani

f.        Mengembangkan sikap murah hati di antara para “pelayan pendidikan” maupun peserta didik

g.       Melayani dengan semangat “demi cinta Allah aku akan menolong mereka yang berkesesakan hidup, maka aku akan cukup kaya dengan rahmat dan cinta Allah

Celebration (c1)

a.       Melayani dengan penuh kegembiraan

b.      Mewujudkan sikap kerendahan hati dengan menyadari bahwa kita hanyalah alat di tangan Tuhan

c.       Mengembangkan sikap hidup yang beriman dan berpengharapan

d.      Mengembangkan dan mengamalkan talenta demi kebaikan bersama

e.      Mensyukuri hidup sebagai anugerah

f.        Kerelaan untuk selalu berterima kasih dengan tulus, tanpa banyak mengeluh maupun menuntut

g.       Kesiapsediaan yang tinggi dalam melayani anak-anak yang menjadi focus pelayanan

h.      Mampu melihat berbagai peristiwa dalam pelayanan pendidikan sebagai pengalaman yang positif, berharga dan disyukuri.

Competence (c2)

a.       Menciptakan ruang gerak untuk berkembangnya pemberdayaan dan pemandirian mereka yang dilayani

b.      Mengembangkan kecakapan hidup secara optimal dan seimbang

c.       Melayani penuh tanggung jawab

d.      Mengembangkan budaya eksplorasi

e.      Memperlakukan peserta didik sebagai rekan belajar

f.        Memperhatikan profesionalitas

g.       Mengembangkan pengetahuan tentang lingkungan

h.      Memelihara keseimbangan ekosistim di lingkungan sekitar karya pelayanan pendidikan

i.         Member ruang untuk berkembangnya IQ, EQ. SQ. AQ secara seimbang kepada tiap pribadi dan tanpa diskriminasi

j.        Mampu memanfaatkan sarana prasarana yang memadai untuk perkembangan

k.       Membuka diri akan perkembangan iptek, arus modernisasi dan globalisasi secara kritis dan realistis

l.         Menanggapi peluang dalam pelayanan

m.    Menghargai kejujuran ilmiah

Conviction (c3)

a.       Melestarikan tradisi dan budaya yang mencerminkan kekayaan bangsa dan gereja

b.      Memiliki ketetapan hati yang terbuka, sedia beradaptasi dengan lingkungan secara positif

c.       Mengembangkan keberanian menanggung resiko dalam pelayanan

d.      Mewujudkan dan mengembangkan pelayanan yang dilaksanakan sengan setia dan konsisten

e.      Memiliki kesadaran pribadi untuk melaksanakan norma dan system yang berlaku dalam lembaga

f.        Melakukan refleksi dan evaluasi

g.       Bertekun dalam menghadapi dan mengatasi tantangan

h.      Menciptakan suasana kegembiraan, kedamaian dan asling menghormati dalam komunitas pelayanan

i.         Pantang menyerah dalam berusaha untuk maju

Creativity (c4)

a.       Menyumbangkan gagasan secara kreatif, waktu dan tenaga demi pelayanan yang optimal

b.      Cepat tanggap melihat dan memanfaatkan peluang secara positif

c.       Menciptakan sesuatu yang baru

d.      Memiliki banyak ide dan melaksanakan secara konkrit dan sesuai tata cara lembaga

e.      Berani berubah dan mengubah

f.        Menggali dan mengembangkan potensi yang ada

g.       Mengembangkan kepemimpinan dialogis, partisipatif, visioner, transformative, dan sapientia

h.      Mau bertanya dan belajar dari yang lain

i.         Menciptakan peluang terwujudnya pemberdayaan dalam komunitas pendidikan, khususnya perempuan

j.        Memiliki semangat dan ketekunan untuk terus belajar

Community (c5)

a.       Saling mendukung, memperhatikan dan menghargai

b.      Saling menerima kelebihan dan keterbatasan, untuk dapat saling melengkapi dalam pelayanan yang lebih optimal

c.       Terbuka dalam membangun relasi dan kerja sama dengan pihak lain

d.      Mengembangkan semangat korps

e.      Mengupayakan persaudaraan sejati lintas agama, budaya, tingkat social dan suku, serta mengembangkan wawasan kebangsaan

f.        Menciptakan suasana at home di komunitasnya

g.       Menciptakan semangat rekonsiliasi, damai dengan diri, sesama, Tuhan, dan alam ciptaan Tuhan

h.      Mengembangkan semangat musyawarah, dan dialog yang seimbang

i.         Menciptakan kebersamaan dan suasana persaudaraan kristiani yang tulus, saling mendukung dan mempercayai

j.        Melaksanakan pelayanan dengan semangat kegembiraan, kesederhanaan, keramahan dan keterbukaan

k.       Mengembangkan semangat berbagi tanpa pamrih dan murah hati

l.         Memandang keberhasilan karya dalam kebersamaan serta menanggung kegagalan dalam semangat kasih